Biaya Bangun Rumah
Biaya Bangun Rumah di Jakarta

Biaya Bangun Rumah di Jakarta

Berapa biaya untuk membangun rumah di Jakarta ? Berikut ini kami berikan panduan secara umum agar mudah dalam perencanaannya. Membangun rumah di kota metropolitan seperti Jakarta perlu perhitungan yang matang.

Apa saja hal – hal yang wajib diperhatikan, berikut ini langkahnya :

1.Persiapan Pembiayaan
Perhatikan ada 2 pembiayaan yang disiapkan, yaitu Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung.

Biaya langsung mengacu kepada Biaya Jasa Arsitek, Biaya Material, Biaya Tenaga Kerja dan Biaya Peralatan.  Biaya tidak langsung mengacu kepada biaya Perijinan IMB, Biaya Overhead dan biaya tak terduga.

2.Penentuan Lokasi
Beda Lokasi, Beda Harga di Jakarta,  membangun rumah di kawasan elit / bisnis , di lingkungan cluster atau di komplek pemukiman.  Hal ini juga dikarenakan harga tanahnya berbeda, tingkat kesulitan dalam proses pembangunan  akan mempengaruhi seberapa besar rumah yang akan dibangun.

3.Luas Bangunan
Dari luas tanah yang ada , kemudian kebutuhan ruang / model rumahnya, akan bisa ditentukan seberapa luas bangunan yang akan dibangun. Untuk memudahkan dalam proses ini, alangkah baiknya dibantu oleh Jasa Arsitek dalam hal menentukan konsep rumahnya , model rumah, kebutuhan ruang dll.

4.Biaya Arsitek / Kontraktor
Memilih jasa Arsitek yang akan dipakai,  anda bisa memilih jasa arsitek dari kelas atas, menengah ataupun sekelas tukang bangunan, semua ada di Jakarta. Tinggal menurut anda yang cocok seperti apa.

Dari Jasa Arsitek tersebut akan membantu anda dalam hal Desain Rumah dan Penghitungan RAB ( Rencana Anggaran Biaya ). Dari sini akan ketemu :

Biaya Desain Rumah
Biaya RAB
Biaya Material dan Bahan Baku
Biaya Kontraktor / Arsitek

5..Jangan Lupakan Biaya Darurat
Biaya darurat ini wajib anda persiapkan manakala di lapangan terjadi seuatu perubahan atau penambahan pekerjaan di level berikutnya.

Terjadi perubahan , misalnya sudah memilih jenis lantai keramik di dalam kontrak kerja, ternya di dalam proses pengerjaan anda merubah nya menjadi lantai marmer, tentunya biaya akan bertambah lagi. Untuk itu, sebaiknya tidak melakukan perubahan yang besar ketikan sebuah kontrak kerja sudah disepakati kedua belah pihak, agar prose pengerjaanya lancar, tepat waktu sesuai spesifikasi dan target waktu yang ditentukan.

Biaya penambahan ke level pekerjaan berikutnya misalnya Rumah sudah jadi , perlu pekerjaan pembuatan Kitchen Set, Pembuatan Pagar & Kanopi, Pembuatan Taman dll. Hal ini perlu dianggarkan sekitar 10 – 30 % dari keseluruhan perkiraan Biaya Pembangunan Rumah.

Untuk lebih mudahnya lagi, silahkan menghubungi kami untuk Konsultasi lebih lanjut dan dapatkan berbagai kemudahaan serta jaminan garansi dari kami untuk pengerjaan proyek yang  Cepat, Tepat Waktu dan Memuaskan.

× Hubungi kami