Ekosistem Alam

Ekosistem Alam

Ekosistem Alam

Seorang arsitek juga perlu menerapkan hasil desainya kedalam sebuah proyek bangun rumah yang menyatu dengan alam, sehingga hunian rumah tinggal menjadi bagian dari ekosistem alam tersebut. Memiliki rumah di lingkungan seperti ini adalah sebuah aset / nilai berharga.

Di dalam ilmu tentang pengelolaan lingkungan hidup, ekosistem bisa dijabarkan sebagai berikut ini :

1.Ekosistem
Ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh, dan saling memengaruhi dalam bentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

contohnya : ekosistem yang terjadi di dalam situ , dana , rawa, sungai dan laut.

2.Komponen Ekosistem
Sebagai daerah yang dihuni beberapa populasi, komponen ekosistem bisa dibedakan menjadi dua bagian, yakni seperti di bawah ini

Komponen Biotik
Komponen ini merupakan anggota dari ekosistem yang berupa makhluk hidup, misalnya manusia, tumbuhan, hewan, mikroorganisme, jamur, protista. Dalam lingkungan ini terdapat hubungan-hubungan antarorganisme yang saling menguntungkan maupun merugikan. Bahkan, terjadi persaingan dalam memenuhi kebutuhan masing-masing.

Contoh interaksi antar makhluk hidup tumbuhan sebagai protista berperan sebagai produsen, hewan dan manusia berfungsi sebagai konsumen, sedangkan mikroorganisme dan jamur sebagai dekomposer.

Komponen Abiotik
Kemudian, abiotik adalah komponen benda tidak hidup. Walaupun begitu, keberadaan komponen ini hampir tidak memengaruhi secara langsung keberadaan dan penyebaran organisme tertentu.

Adapun, contoh komponen abiotik adalah bangunan, tanah, air, suhu, kelembapan, angin, pH (derajat keasaman), garam-garaman, mineral, topografi, dan energi (radiasi).

3.Jenis Ekosistem
Jenis ekosistem ada 2 yaitu ekosistem laut dan ekosistem darat.

Ekosistem darat berlangsung di daratan dan berpengaruh dengan keadaan tanah, iklim, kelembaban, curah hujan, dan pancaran sinar matahari.

Adapun, berdasarkan letak geografis, ekosistem darat dibagi menjadi enam bioma yakni gurun, padang rumput, taiga tundra, hutan gugur, dan hutan hujan tropis.

Salah Satu Kawasan Termahal di Jakarta

Situ Lembang Menteng – Jakarta Pusat

Harga tanah di area menteng berkisar antara Rp.80.000.000 – Rp.100.000.000 / m2
Photo diatas adalah pemandangan danau situ lembang di Menteng – Jakarta Pusat. Kawasan menteng merupakan salah satu dari 10 Kawasan Elit Termahal di Jakarta. Faktor apa saja yang mempengaruhi harga tanah di Menteng terus naik ?

Open chat
BRJ disini, Apa yang bisa kami bantu ?