Bahan Bangunan
Tips Memilih Warna Cat Rumah

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Saat pengerjaan rumah berjalan, seperti pekerjaan bangun rumah atau renovasi rumah. Mulai saatnya menentukan warna cat rumahnya , agar menarik baik dari segi tampilan, maupun daya tahan cat terhadap cuaca, serta penghematan biaya agar nantinya sesuai dengan budget.

Agar tidak terjadi penyesalan dan mengeluarkan biaya lebih untuk mengecat ulang karena tidak puas, tak ada salahnya bila kamu simak tips memilih cat rumah berikut ini:

1.Konsep Rumah dan warna cat rumah
Konsep rumah yang dibangun seperti apa ? Apakah itu konsep rumah minimalis, modern, klasik, western, ataupun tradisional akan sangat mempengaruhi tips memilih cat rumah.

Konsep dasar dari rumah berperan penting karena mempengaruhi jenis dan warna furnitur yang akan mengisi rumah. Selain itu, konsep juga berpengaruh terhadap bentuk dan penataan ruang. Beberapa komponen tersebut merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan warna cat.

2.Kesan Rumah yang akan kelihatan
Tentukan mood atau kesan apa yang ingin dibangun dari setiap ruangan atau rumah secara keseluruhan. Jika ingin membangun suasana ceria, mewah, simpel, atau elegan, tentu saja memiliki warna masing-masing yang sesuai.

Untuk rumah dengan kesan ceria dan bersemangat, kombinasikan warna cerah seperti kuning terang, putih, biru, dan merah muda. Jika ingin memberikan kesan mewah, gunakan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih. Gunakan cat berwarna krem, coklat, atau hijau jika ingin membangun suasana hangat di rumah.

3.Buat Palet Warna Sesuai Keinginan
Buatlah palet warna yang ingin diaplikasikan kemudian diskusikan dengan arsitek maupun tukang bangunan rumah. Palet warna dapat digunakan sebagai panduan untuk memilih cat rumah. Carilah inspirasi paduan warna dari internet, atau amati tren warna cat rumah yang sedang populer.

Lihat dan cocokkan warna utama dari rumah dengan warna lainnya. Pertimbangkan complimentary colors-nya, gunakan warna yang akan dipakai sebagai warna utama rumah dengan warna sejenis, atau justru dengan warna yang saling kontras.

Misalnya merah dengan biru, kuning dengan putih, dan hijau dengan coklat. Jangan lupa pula menentukan jenis finishing yang akan dipakai, apakah itu matte, glossy, atau satin.

4.Bereksperimen di Dinding Putih
Tips memilih cat rumah berikutnya adalah mengaplikasinya langsung. Metode yang paling baik adalah dengan mencobanya langsung ke dinding. Siapkan dinding putih di dalam rumah yang dapat digunakan sebagai tempat bereksperimen.

Belilah cat berukuran kecil dengan warna-warna yang sesuai dengan palet warna sebelumnya. Selain untuk melihat kecocokan antar warna, bereksperimen di dinding putih juga dapat menguji kualitas dari cat tersebut.

5.Pencahayaan itu Penting
Saat sedang mencoba warna cat di dinding putih, perhatikan juga penampilan warna di bawah pencahayaan berbeda. Amati warna di dinding pada pencahayaan yang berbeda, misalnya saat pagi hari, siang hari, atau malam hari. Sesuaikan warna dan pencahayaan dengan posisi furnitur di ruangan tersebut.

Pencahayaan alami harus dipertimbangkan sebelum memilih warna cat dinding. Selain pengaruh intensitas cahaya yang disebabkan oleh berubahnya waktu siang-malam, perubahan warna dinding juga dapat dipengaruhi oleh posisi arah mata angin  yang berkaitan dengan posisi datangnya sinar matahari.

Jenis lampu juga berpengaruh terhadap warna dari dinding ruangan. Misalnya lampu bohlam yang berwarna kekuningan akan membuat warna kuning, oranye, atau merah pada dinding menjadi semakin tampak jelas, sementara warna biru dan hijau menjadi tertutup.

Lampu fluorescent yang berwarna putih susu cenderung bersifat dingin dan datar. Warna yang dihasilkan oleh lampu jenis ini akan menguatkan warna biru atau hijau pada dinding ruangan.

6.Dekorasi Ruangan sejalan dengan Warna Cat
Jika di ruangan tersebut akan dipasang dekorasi seperti hiasan tempel, lukisan dinding, coffee table, vas bunga, maka hal-hal tersebut harus dipertimbangkan kecocokannya dengan warna cat ruangan. Bentuk, warna, serta lokasi peletakan benda-benda tersebut merupakan unsur yang harus diperhatikan agar antara dekorasi dan warna dinding lebih serasi.

Jika ruangan tersebut memiliki warna dinding yang netral dan tidak menantang, dekorasi ruangan bisa menjadi trik untuk meramaikan suasana. Taruh beberapa dekorasi dengan warna cerah untuk mengimbangi warna dinding netral.

7.Pelajari Istilah-istilah Warna untuk Mendapatkan Warna Cat yang Bagus
Mengetahui beberapa istilah yang digunakan dalam dunia pewarnaan sangat membantu pemilihan warna cat rumah yang bagus untukmu. Beberapa istilah yang banyak digunakan adalah hue dan saturation.

Hue adalah sebutan untuk sebuah warna. Biru adalah hue, merah adalah hue. Nilai sebuah hue tergantung dari seberapa gelap atau seberapa terang warna tersebut.

Sementara saturation merujuk ke seberapa dominan hue dari sebuah warna. Intensitas warna menjadi unsur yang perlu diperhatikan, misalnya kombinasi warna untuk menciptakan gradasi, atau hanya ingin menonjolkan nuansa satu warna.

8.Gunakan Warna Cat yang Berbeda untuk Tiap Ruangan
Sebuah rumah tidak hanya terdiri dari satu ruangan saja. Ada beberapa ruangan yang dindingnya perlu untuk diberi warna. Warna dari tiap ruangan harus serasi antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Keserasian tersebut bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti lukisan dan karpet, serta pencahayaan yang tepat.

Contohnya untuk kamar tidur, gunakan warna biru muda atau hijau muda. Warna tersebut akan mempengaruhi kualitas tidur si penghuni. Pilih warna yang memiliki kesan menenangkan agar lebih rileks dan cepat tertidur.

Sementara itu, pilih warna jingga tua atau oranye untuk bagian dapur. Warna tersebut kerap diidentikkan dengan warna ceria dan cocok untuk dinding dapur. Warna jingga sendiri dapat membawa energi dan semangat ke dalam ruangan dapur.

9.Bermain dengan Finishing Cat yang Berbeda
Pilih finishing yang berbeda untuk tiap warna atau tiap ruangan. Finishing matte adalah jenis yang paling umum digunakan. Dengan finishing tersebut, tampilan cat pada ruangan akan polos dan merata.

Selain itu ada pula finishing glossy. Finishing ini akan membuat dinding terlihat licin dan memantulkan cahaya. Teknik pengecatan ini akan membuat dinding mudah dibersihkan jika terkena kotoran.

Teknik ini dapat membantu menyamarkan dinding dari guratan-guratan yang mungkin akan terjadi. Ada pula finishing satin. Dinding yang menggunakan finishing ini akan seperti bahan satin yang mengkilap dan licin, namun tidak selicin glossy.

10.Cat Monokrom
Jika masih bingung dengan tips memilih cat rumah yang sesuai dan khawatir akan menyesal di kemudian hari, gunakan cat berwarna monokrom atau satu shade warna seperti hitam, putih, atau abu-abu. Warna tersebut merupakan warna yang netral dan aman digunakan untuk semua konsep rumah.

10 Tips diatas semoga bermanfaat, membangun rumah / renovasi rumah akan berjalan baik dan menarik bersama kami.

× Hubungi kami